Pemberian Vaksin Covid-19 di Pelayanan Publik

UPTD. Puskesmas Gerunggang melakukan pemberian vaksinasi COVID-19 kepada para pekerja yang ada di Transmart Pangkalpinang pada hari Kamis, 06 Mei 2021 yang merupakan kelompok petugas pelayanan publik.

Tujuan Vaksin Covid-19 :

  • Mengurangi penularan/transmisi COVID-19Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19
  • Mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity)
  • Melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh
  • Melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi

Pemberian Vaksin ini menjadi 2 tahap. Tahap pertama tujuannya untuk memicu respons kekebalan awal, sedangkan Tahap kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi akan optimal setelah 28 hari dari suntikan kedua dilakukan.

Pekerja yang divaksinasi setidaknya harus melewati beberapa tahapan mulai dari registrasi atau verifikasi data, proses screening untuk memastikan kondisi kesehatan tubuhnya. Jika dinyatakan lolos screening, penerima vaksin akan langsung divaksinasi Covid-19. Penerima vaksin tidak dibolehkan langsung pulang setelah disuntik, diharuskan menunggu selama 30 menit di tempat yang tersedia untuk memeriksa hasil observasi. Setelahnya penerima vaksin akan mendapatkan kartu vaksin dan diizinkan untuk meninggalkan lokasi.

Setelah vaksinasi, tetap patuhi 3M: Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, agar pendemi dapat segera berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *